harus SAP kah?

Posted on

Klo menurut saya pribadi sebagai user SAP, ada beberapa alasan kenapa kita “terpaksa” memilih menggunakan sap :

1.  SAP memiliki kemampuan untuk integrasi antar modul yang sangat baik. Saat ini SAP sudah mampu mencakup hampir semua kebutuhan bisnis baik di bidang financial controling, logistic (management, sales distribution, plant maintenance, suplay chain etc)  sampai HRD (rekruitment, payrol, time management dll) ini juga nasih ditambah implementasi beberapa solusi lain seperti SRM, CRM, dkk .  sebagai catatan integrasi antar modul hanya bisa berjalan baik jika pada implementasi benar benar dikerjakan dengan benar, tidak mengambil part by partnya saja.

Untuk studi kasus, dalam perusahaan skala kecil dan menengah kita sering menggunakan beberapa aplikasi sekaligus untuk menjalankan proses bisnis. semisal aplikas A untuk aplikasi pembukuan akunting, aplikasi B untuk transaksi jual beli, aplikasi X untuk aplikasi penyimpanan barang, aplikasi Z untuk database karyawan. Seringkali kita menjadi kesulitan ketika masing masing aplikasi harus di sinkronkan hasilnya saat tutup buku akhir tahun, hasil dari aplikasi jual beli harus sesuai dengan aplikasi pembukuan akuntansi, demikian juga jumlah asset yang disimpan juga harus sesuai dengan apa yang tercatat dalam akun akun general ledger.

2.  SAP dengan netweaver platform mempunyai range aplikasi yang sangat luas, mulai dari solusi ERP sendiri, kemudian datawarehousing (dg SAP BW), Company Portal (dg SAP EP), Mobile Apps dll. Klo punya duit dan bisa mengoptimalkan semua feature yang ditawarkan SAP, pasti akan sangat membantu kelancaran bisnis suatu perusahaan.

3. Dari sisi administrator, walaupun banyak problem, SAP menawarkan banyak sekali bantuan, mulai dari help yang cukup komplit (sap.help.com), notes untuk bug (service.sap.com/notes), sampai raise message untuk remote support dari sap marketplace (service.sap.com/support). Hehehe tapi tetep aja klo gak mudeng problemnya ya tetep aja pusing.

4. Sales SAP jago jago, walaupun implementasi nya muaahhaal, license nya pun muahhaaall, terus hardware server spec requirement nya juga muaahhhaaall, tetapi mereka tetep bisa tuh jualan sap, mulai dari perusahaan kelas menengah sampai perusahaan elite🙂

sumonggo ditambakan klo ada ide lain🙂

 

– radityo yudhiarto –

 

 

2 thoughts on “harus SAP kah?

    samari said:
    August 28, 2010 at 11:00 pm

    infonya udah lumayan dimengerti… sap memang sudah menjadi kebutuhan perusahan… apa lagi perusahaan yang sudah cukup besar.. maka wajib baginya untuk menggunakan sap supaya bisa mendapatkan laporan dan analisa perkembangan perusahaan yang tepat… terimakasih

      sapbasic responded:
      January 8, 2011 at 3:14 pm

      Terima kasih pak Samari, salam kenal pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s