Sedikit tentang SAP System Performance Analysis

Posted on

Untuk rekan rekan yang sudah pernah menggunakan atau malah pernah ngadmin, mungkin pernah ngrasain kadang sistem menjadi lambat tapi juga kadang terasa cepet bangat. Di tulisan ini saya akan coba buat sedikit corat coret sederhana untuk rekan rekan yang coba belajar analisis sap system performance dari sisi teknikal. 

Berdasar pengalaman kami, secara umum sap system performance akan sangat ditentukan oleh :

1. Server Capacity (yang paling mudah dilihat : CPU dan RAM)

2. User Activity (berpengaruh pada konsumsi resource server)

3. IT infrastructur Environment (Network, Storage design, Security System dll)

Lha untuk melakukan analisis awal saat sistem terasa mulai melambat, mungkin dapat dilakukan beberapa langkah berikut :

a.  Cek ke transaksi SM50 apakah sistem sedang penuh atau tidak karena aktivitas user : Jika sistem menjadi lebih lambat saat sistem full usage itu bisa dikatakan wajar, untuk membuat lebih optimal lagi harus dilakukan analisis untuk tuning sehingga semua resource yang tersedia bisa digunakan secara optimal. 

b. Cek Server resource usage di ST06 : di transakasi ST06 kita bisa melakukan analisis terhadap penggunaan CPU, RAM, Harddisk, Paging File serta kualitas network yang digunakan.  Dari transaksi ini secara sederhana kita bisa mendapatkan gambaran dimana botleneck terjadi, apakah di CPU yang penuh, ataukah memori yang habis digunakan, ataukah storage yang full utilized ataukah ada gangguan di network.

c.  Cek database performance menggunakan transaksi ST04, disini kita bisa cek beberapa hal penting berkaitan dengan database seperti kondisi buffer database (sebaiknya diatas 90%), time statistics, penggunaan shared pool dan lain lain.

d.  Cek penggunaan memory dari transaksi ST02, setting sap buffer dan penggunaan memory (extended maupun heap memory) akan tertampil disini. Nilai ini yang dapat digunakan untuk menentukan apakah system nya sudah di tuning dengan baik ataukah belum ( nanti akan dibahas lebih lanjut di bagian workload analysis)

 e.  Cek transaksi SM04  untuk melihat besarnya konsumsi memory dan jumlah sesion yang digunakan oleh satu user dari data ini kita bisa meminta user yang memang memboroskan resource untuk mengurangi jumlah sesion ataupun proses yang dijalankan.

semoga membantu

– Radityo Yudhiarto –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s