Konsep Client – a simple view

Posted on Updated on

Bagi yang sudah pernah menggunakan SAP pasti akan melihat nama client yang harus diisi saat akan login ke sistem melalui saplogon.client_concept_sapgui

 

 

 

 

 

 

Yang kemudian jadi pertanyaan, apa sih maksud client di sini? ada hubungan ndak dengan istilah teknologi client-server , atau client dalam artian rekanan bisnis? Berikut kami akan mencoba membahas lebih dalam tentang konsep client sebagai sebuah bagian dari sebuah sistem SAP.

client_concept

Di SAP client bisa didefinisikan sebagai sebuah perwakilan dari business entity yang merupakan simbol dari aktivitas sebuah perusahaan.  Suatu perusahaan yang menggunakan SAP pasti akan memiliki setidaknya satu production client. Di production client ini lah semua transaksi perusahaan akan dicatat. Transaksi transaksi seperti penjualan dan pembelian barang, laporan keuangan perusahaan, keluar masuknya barang hingga data gaji karyawan akan disimpan dalam tabel tabel yang bersifat client based yang juga sering disebut sebagai client based data.

Pertanyaan berikutnya mungkin menjadi, apa itu client based data? emang ada yang gak client based🙂

Pada ilustrasi di atas digambarkan suatu sistem SAP yang memiliki dua client. Data data yang termasuk client based tersusun oleh 3 komponen yaitu :

a.  Client specific data : semua data transaksi day to day operation

b.  Client specific customizing : data kode perusahaan, nama perusahaan, kode gudang, kode account dll

c.  User Data : berisi user ID dan Object Authorisasi

Dibawah data client based kita bisa liat bahwa ada structure data dan customizing yang tipenya cross client alias bisa diakses dari client manapun.  Ada dua kategori crossclient object yaitu crossclient customizing dan ABAP repository. Cross client customizing adalah setingan yang diperlukan oleh semua client semisal seting kalender, time zone dan lain lain. Sementara ABAP repository, merupakan kumpulan dari komponen komponen ABAP, seperti program, tabel, function, dll.

Semoga bisa membantu memberi gambaran tentang konsep client, di tulisan berikutnya kami akan mencoba membahas SAP landscape, yang mungkin akan memberikan gambaran lebih jelas tentang konsep struktur data di SAP dan development suatu sap system.

 

– Radityo Yudhiarto –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s