Implementasi MySAP ERP

Posted on Updated on

Setelah kita coba membahas tentang MySAP dan Netweaver, dalam tulisan ini kami akan coba memberikan ilustrasi sebuah implementasi solusi My SAP ERP. Melihat kompleksnya komponen penyusun MySAP ERP dalam beberapa kasus, setelah melakukan implementasi SAP ECC, suatu perusahaan sering mengimplementasikan komponen komponen penyusun MySAP ERP yang merupakan part of Netweaver Technology, secara bertahap.

contoh_landscape1

Dalam ilustrasi ini, SAP ECC (ERP Central Component) merupakan core dari solusi MySAP ERP, dalam SAP ECC ini semua transaksi diproses dan data transaksi disimpan. Karena merupakan core, jelas implementasi MySAP ERP harus mendahulukan implementasi SAP ECC.

Selanjutnya kita dapat melihat bahwa untuk mendukung aksesibilitas dan kemampuan sebagai sebuah ERP software, SAP ECC “dipersenjatai” dengan beberapa komponen SAP Netweaver. SAP BI, akan menarik beberapa data transaksi dari ECC dan mengolahnya menjadi report yang bisa memiliki beberapa dimensi dan bisa ditampilkan dalam bentuk web page report. SAP EP, akan memfasilitasi user dalam mengakses SAP melalui web browser, dalam implementasi SAP EP, biasanya beberapa aplikasi yang memang sering digunakan oleh user akan diconvert menjadi aplikasi berbasis webpage menggunakan teknologi BSP, Webdynpro dll. SAP PI untuk menjembatani kebutuhan interfacing komunikasi data dari SAP ke nonSAP, kebutuhan ini muncul karena dalam sebuah perusahaan biasanya menggunakan lebih dari satu system aplikasi. SAP MI akan memberikan mobile access pada karyawan yang bertugas mobile di lapangan.

Dengan tingkat kompleksitas nya, implementasi MySAP ERP secara menyeluruh pasti akan rumit dan mahal. Beberapa perusahaan yang kami tahu sudah menggunakan landscape se-komplek ini antara lain Pertamina, Excelcomindo Pratama, dan TelKom.

Semoga membantu🙂

– Radityo Yudhiarto –

2 thoughts on “Implementasi MySAP ERP

    setyawan said:
    November 29, 2010 at 11:02 am

    MySAP ERP memang sebuah aplikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan besar. Cuma sebagai orang awam yang ingin mempelajarinya, saya sangat kesulitan mendapatkan referensinya dan adakah versi simulatornya. Mohon bantuannya, terima kasih

      sapbasic responded:
      January 8, 2011 at 3:13 pm

      Versi simulator sebenarnya SAP menyiapkan paket bernama SAP IDES, ini dikhususkan sebagai mesin testing dan training di suatu company, Klo jalan2 ke ManggaDua mungkin bisa ditanyakan ada yang jual apa ndak hehehehe tapi kyanya emang masih susah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s