MySAP vs Netweaver

Posted on Updated on

 

mysapbusinesssuite02Awal tahun ini temen temen mungkin baca di beberapa media tentang kelangkaan BBM yang terjadi dan ternyata salah satu penyebabnya adalah implementasi MySAP di pertamina.  Berhubung tidak terlibat langsung dengan proyek implementasi MySAP di pertamina saya tidak akan membahas kemungkinan kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab. Langsung aja ya fokus ke MySAP.

Pertanyaan mendasar pasti apaan sih MySAP, cz klo SAP pasti rekan rekan dah sering denger. Klo dari pemahaman saya, MySAP merupakan sebuah penawaran solusi yang menyeluruh dengan menggunakan SAP sebagai core application. Dari modul training yang pernah saya baca,  ada beberapa solusi yang  ditawarkan oleh  SAP seperti solusi ERP (Enterprise Resource Planning), Solusi CRM (Customer Relationship Management), Solusi SCM (Supply Chain Managememt), solusi PLM  (Product  Lifecycle Management)  dll.  Solusi  solusi  tersebut  dikenal  luar  dengan brand  MySAP ERP,  MySAP  CRM,  MySAP  SCM  dll.

 Secara teknologi implementasi MySAP tidak akan dapat dipisahkan dengan sap netweaver sebagai platform teknologi.  Secara ringkas, netweaver merupakan layer teknologi sap yang terdiri dari Web Administrator Server (WAS) yang merupakan evolusi dari modul basis, Enterprise Portal (EP), Business Intelegence (BI), Process Intergration (PI) dan Mobile Infrastructure (MI).  Dengan bahasa sederhana, MySAP akan terdiri dari satu mandatory core application yang berdiri diatas WAS (misal SAP ECC, SAP CRM)  dengan dikelilingi beberapa supporting system seperti EP untuk single point of access, BI untuk data reporting, PI untuk interfacing management dan MI untuk mobile access.

Rumit ya… emang rumit klo dah yang namanya SAP. yang jelas sih istilah MySAP muncul dengan bantuan lahirnya teknologi netweaver.  Di tulisan berikutnya akan kita coba kupas tentang evolusi SAP secara lebih dalem. Mulai dari berdiri, lalu lahir teknologi R/3 yang berbasis client – server sampai sekarang dikenal istiah MySAP ERP 2005 yang diupdate lagi dengan release netweaver versi 7.1

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s